Belum Cair, Tunjangan Profesi Guru Kota Serang Dipertanyakan

Belum Cair, Tunjangan Profesi Guru Kota Serang Dipertanyakan

Belum Cair, Tunjangan Profesi Guru Kota Serang Dipertanyakan

Tunjangan Profesi Guru (TPG) di Kota Serang, Banten untuk periode semester dua di triwulan ketiga dipertanyakan karena belum cair. Padahal, anggaran dari pemerintah pusat sudah turun ke kas Pemerintah Kota Serang. Lalu, di mana dana itu menyangkut?

Toto Haryanto dari Tim Sertifikasi Guru Dindikbud Kota Serang mengatakan,

dana tersebut seharusnya sudah cair bulan Oktober lalu. Tetapi entah karena apa, pencairan dari pusat juga lambat.

“Baru September turun ke kas Kota Serang. Setelah kami konfirmasi, informasinya masih tahap validasi data. Sekarang kami menunggu hasil verifikasi. Kalau sudah selesai, kemudian bisa mulai disalurkan ke rekening masing-masing guru. Jadi kendalanya bukan di kami,” ujar  Toto, Rabu (14/11).

Toto mengatakan, penyebab penyaluran tertunda karena proses yang panjang.

Input pengusulan, penarikan data berkala, validasi oleh dinas menjadi faktor penentu kecepatan penerbitan surat keputusan. Tentunya hal itu berdampak pada kecepatan pembayaran tunjangan.

“Pemberkasan yang dilakukan instansi pengelola keuangan di daerah sesuai dengan fakta di lapangan tak bisa ditampik membutuhkan banyak waktu. Jadi gak sesederhana. Target Desemberlah harus cair,” katanya.

Ia menjelaskan pemerintah daerah tingkat provinsi maupun kabupaten/ kota perlu memastikan bahwa data yang dimasukkan ke dalam DAPODIK sesuai dengan data riil di lapangan.

Untuk itu, pemerintah Kota Serang berkewajiban melakukkan validasi keakuratan data guru. Bila telah sesuai, maka penyaluran tunjangan profesi guru bisa dilakukan.

“Jadi wajib melakukan validasi keakuratan data guru supaya tunjangan profesi itu

bisa disalurkan kepada yang berhak,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa pelaporan pertanggungjawaban keuangan ke Kementerian Keuangan pun menjadi salah satu faktor lambannya pencairan tunjangan. Sebab, salah satu syarat agar dana transfer daerah per triwulan lancar adalah pelaporan penggunaan dana transfer daerah tahun sebelumnya.

Toto mengatakan Kota Serang menerima TPG sekitar Rp100 miliar  per tahun dengan per triwulan pencairan pada kisaran Rp25-30 miliar.

Ia menyebutkan total penerima dana sertifikasi dengan jenjang TK, SD dan SMP di Kota Serang hingga Oktober 2018 untuk status guru bersertifikasi ada 2.135 orang, non sertifikasi 260 dan sertifikasi bukan PNS 246.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/