Definisi Telematika Menurut Para Ahli

Definisi Telematika Menurut Para Ahli

Definisi Telematika Menurut Para Ahli

Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATIKA merupakan paduan dari dua kata yaitu telekomunikasi dan informasi yang merupakan perpaduan dari konsep COMPUTING AND COMMUNICATION. Tetapi dalam bahasa perancis telematika disebut TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya system jaringan komunikasi dengan teknnologi informasi. Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu konversi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu. Belakangan baru disadari bahwa penggunaan system computer ternyata juga menghadirkan media komunikasi baru. Konversi dari telematika kemudian dipahami sebagai system elektronik berbasiskan teknologi digital, karena istilah muitimedia semulanya hanya merujuk pada kemampuan system computer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium.

Secara garis besar istilah teknologi informasi, telematika, dan multimedia mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya. Istilah telematika sering dipakai dalam beberapa macam bidang, contohnya adalah :

Ø Secara umum istilah telematika dipakai juga untuk sistem navigasi sebagai baggian integral dari computer dan teknologi komunikasi berpindah.

Ø Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai dalam bidang kendaraan dan lalulintas.

Ø Integrasi antara system telekomunikasi dan informasi yang dikenal sebagai teknologi informasi dan informatika atau ICT. ICT adalah ilmu yang berkaitan dengan penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan paralatan telekomunikasi.

Sumber : https://earlraytomblin.com/