Jenis-Jenis Narkoba dan Golongannya

Jenis-Jenis Narkoba dan Golongannya

Jenis-Jenis Narkoba dan Golongannya

Terdapat berbagai jenis narkoba yang beredar dewasa ini. Orang awam hanya mengenal yang sering dipakai atau diberitakan di media massa saja seperti ekstasi, ganja, dan shabu-shabu. Padahal jenis-jenis narkoba sangat banyak dan beredar dengan mudah di tengah masyarakat. Dari jenisnya Narkoba dapat digolongkan ke dalam tiga bagian besar yaitu:

Narkotika

Narkotika adalah obat atau zat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun nonsintesis, yang dapat mengakibatkan penurunan atau perubahan kesadaran dan hilangnya rasa. Narkotika termasuk zat adiktif yang bekerja pada sistem saraf, dapat menghilangkan rasa sakit, dan dapat menyebabkan ketergantungan. Terdapat berbagai jenis narkotika yang beredar sekarang ini antara lain: kokain, ganja, morfin, dan heroin.

Psikotropika

psikotropika adalah zat atau bahan yang bekerja pada saraf pusat, dapat mengakibatkan perubahan mental dan perilaku, serta menimbulkan ketergantungan. Psikotropika terdiri dari: ekstasi (CT), shabu-shabu, lexotan, nipan, pil koplo, dan lain-lain.

Zat atau bahan adiktif lainnya

seperti alkohol, spirtus, bensin, lem, thiner (pelarut cat) toluene.

Sumber:

https://balad.org/