Kartel adalah

Table of Contents

Kartel adalah

Kartel adalah
Kartel adalah

KARTEL

Kartel adalah kerjasama yang terjadi antar beberapa perusahaan yang sejenis di bawah perjanjian tetapi masing-masing perusahaan masih berdiiri sendiri-sendiri dan masing-masing anggota kertel mempunyai kedudukan yang  sama dan waktu pejanjian hanya bersifat terbatas.

Beberapa jenis bentuk kartel  yaitu :

  1. Kartel produksi  yaitu kerjasama yang dilakukan untuk mengontrol jumlah hasil produksi masing-masing anggota jangan sampai melebihi batas produksi yang telah disepakati bersama.
  2. KARTEL HARGA yaitu bentuk kerjasama untuk menentukan harga minimum terhadap barang yang sejenis dijual dipasar dengan tujuan menghindari persaingan harga.
  3. KARTEL DAERAH yaitu bentuk kerjasama untuk membagi daerah pemasaran produksi masing-masing perusahaan dimana anggota perusahaan kartel tidak boleh menjual produksi sejenispada daerah pemasaran anggota lainnya.
  4. KARTEL KONDISI yaitu tujuan menetapkan perjanjian bersama dalam hal pemberian kredit,tempat penjualan,discount dsb.

JOINT VENTURE dan HOLDING COMPANY

Joint venture adalah bentuk kerjasama yang paling menguntungkan.

Perbedaan joint venture dan holding company

JOINT VENTURE

  1. Semua resiko ditaanggung oleh perusahaan yang mengambil alih.
  2. Semu kebaikan dan kelemahan dari perusahaan yang diambil alih sama-sama diterima.
  3. Perusahaan yang diambil alih kehilangan kemerdekaannnya  sedangkan perusahaan yang mengambil alih tetap memounyai posisi semula.
  4. Dapat memanfaatkam skala ekonomi yang ada (tingkat produksi yang paling besar)tetapi mempunyai kelemahan yaitu : (a). ketergantungan pada mesin-mesindan barang modal yang ada. (b) ada penyesuaian  organisasi dari perusahaan yang di ambilalih pada organisasi induk.

HOLDING COMPANY

  1. Tanggung jawab terhadap semua resiko di bagi antara masing-masing partner (perusahaan-perusahaan yang berlainan).
  2. Kelemahan masing-masing perusahaan tetap menjadi beban mereka.
  3. Masing-masing perusahaan yang berjoint venture masih tetap mempunyai kebebasan.
  4. Dapat memanfaatkan skala ekonomi dan spesialisasi .keuntungan ini dapat ditingkatkan lagi jkarena joint venture merupakan perusahaan baru yang tidak terikat pada barang modal perusahaan yang berjoint venture.

Baca Juga :