Kuota Akademik Aman

Kuota Akademik Aman

Kuota Akademik Aman

Sejumlah SMA negeri dipadati lulusan siswa lulusan SMP kemarin

(29/6). Beberapa dari mereka datang sambil didampingi orangtua ataupun wali. Mereka datang untuk mendaftarkan diri sebagai siswa baru dalam masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015.

Ramainya pendaftar terlihat di SMAN 3 Bandung, Jalan Belitung. Menurut Kepala SMAN 3 Bandung Encang Iskandar, penerimaan siswa tahun ini jauh lebih ramai dibandingkan tahun sebelumnya.

’’Untuk pendaftar hari ini ada 74 orang. Biasanya kan sepi, sekarang banyak sekali yang datang.

Mau itu baru menanyakan informasi, lihat-lihat dan langsung daftar,’’ jelas dia di Ruang Kepsek SMAN 3 Bandung, kemarin (29/6).

Encang menjelaskan, untuk kuota jalur akademik di SMAN 3 pun tidak mengalami masalah. Jumlah untuk kuota akademik di SMAN 3 ini berjumlah 324. ’’Kuota non akademik yang tidak terisi secara otomatis masuk ke akademik,’’ papar Encang.

Kondisi serupa terlihat juga di SMAN 22 Bandung, Jalan Rajamantri. Para calon peserta yang diantar oleh orangtua mengantre sebelum masuk ke dalam satu ruangan pendaftaran. Sambil menunggu giliran, mereka juga mengisi formulir pendaftaran.

Hingga pendaftaran ditutup pukul 14.00 WIB, jumlah calon peserta yang mendaftar ke SMAN 22 ini

sebanyak 57 orang. ’’Dari kuota untuk akademik yang kita siapkan sebanyak 371 kursi,’’ ujar Kepala Sekolah SMAN 22 Bandung, Hatta Saputra di kantornya kemarin.

Dia menjelaskan, kuota jalur akademik di SMAN 22 tidak mengalami masalah. Menurutnya, sesuai ketentuan awal, total kuota untuk jalur akademik ini tidak terkikis oleh jalur non akademik. Sebab, kata dia, untuk jalur non akademik terutama jalur afirmasi, yang diterima ke SMAN 22 hanya 25 orang dari 86 kuota afirmasi yang disiapkan.

’’Secara otomatis itu sisanya beralih ke akademik. Jadi untuk kuota akademik kita mah aman,’’ ujar dia.

 

Sumber :

https://www.pesawarankab.go.id/pages/sejarah-kota-bandung/