Manfaat Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Manfaat Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Manfaat Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Pada materi kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar di semester 1 sudah dibahas tentang manfaat produk kerajinan. Anda diharapkan dapat mengeksplorasi manfaat produk kerajinan tersebut. Seperti pada produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun datar, produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang juga memiliki fungsi sebagai berikut.

a. Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Pakai

Produk kerajinan yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahan hanyalah sebagai pendukung. Berikut contoh karya kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang sebagai benda pakai.

b. Manfaat Produk Kerajinan sebagai Benda Hias

Produk kerajinan yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya. Berikut contoh kerajinan dari limbah berbentuk bangun ruang yang berfungsi sebagai benda hias.


Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Ruang

Masing-masing daerah memiliki ciri khas kerajinan yang menjadi unggulan daerahnya. Hal ini tentu dikarenakan sumber daya dari masing-masing daerah berbeda- beda.

Di bawah ini merupakan contoh hasil limbah berbentuk bangun ruang yang dapat dimanfaatkan untuk kerajinan, dilihat dari kondisi wilayahnya.

a. Daerah pesisir pantai atau laut

Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak tersedia adalah cangkang kerang laut, tulang ikan, tempurung kelapa, sabut kelapa, dan lainnya.

b. Daerah pegunungan

Limbah berbentuk bangun ruang yang banyak dihasilkan di daerah ini adalah biji-bijian kering, buah-buahan kering, kulit durian, dan lainnya.

c. Daerah pertanian

Limbah berbentuk bangun ruang yang didapat pada daerah ini adalah biji- bijian kering, bunga kering, kulit pohon kering, dan lainnya.

d. Daerah perkotaan

Limbah berbentuk bangun ruang yang dihasilkan di daerah perkotaan biasanya kulit kacang, kulit telur, kemasan plastik, botol plastik, botol kaca, kemasan kaleng, dan lainnya.

Berbagai macam limbah berbentuk bangun ruang tersebut merupakan potensi yang sangatbermanfaatuntuk bahan pembuatan produk kerajinan. Proses pengolahan masing-masing bahan limbah berbentuk bangun ruang secara umum adalah sama. Pengolahan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin. Proses pengolahan limbah untuk produk kerajinan sudah di bahas pada materi semester 1. Kalian diharapkan dapat mengeksplorasi materi tersebut untuk pengolahan pada bahan limbah berbentuk bangun ruang.

Sumber : https://mrmoseley.co.uk/usaha-budidaya-lele/