Pengertian dan Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian dan Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian dan Sejarah Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari komputer yang dirancang untuk dapat berbagi sumber daya (printer, prosesor), berkomunikasi (email, pesan instan) dan dapat mengakses informasi (browser Web).

Jaringan komputer adalah seperangkat “interkoneksi” antara 2 (dua) atau lebih komputer mandiri yang dihubungkan oleh media transmisi kabel atau nirkabel.

Jika komputer dapat memulai kembali, mematikan, atau menjalankan kontrol lain, komputer tidak berdiri sendiri (tidak mengontrol komputer lain dengan akses penuh)

Sejarah Jaringan Komputer

Dari tahun 1940-an di Amerika, sebuah penelitian menggunakan komputer secara bersamaan. Kemudian, pada 1950-an, ketika jenis komputer berkembang hingga terciptanya superkomputer, karena harganya yang mahal, ada permintaan bahwa komputer harus melayani banyak terminal.

Dari situlah muncul konsep proses distribusi berbasis waktu yang dikenal dengan Time Sharing System (TSS), adalah bentuk pertama dari jaringan komputer yang telah diterapkan. Dalam sistem TSS, beberapa terminal dihubungkan secara seri ke komputer host.

Selain itu, konsep ini telah menjadi proses distribusi (pemrosesan terdistribusi). Dalam proses ini, beberapa host komputer melakukan banyak pekerjaan secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang terhubung secara seri ke setiap komputer host.

Setelah harga komputer kecil mulai turun dan konsep proses distribusi sudah matang, penggunaan komputer dan jaringan mulai bervariasi, dari mulai mengelola proses bersama dan komunikasi antar komputer (sistem peer to peer) tanpa melalui komputer pusat.

Untuk alasan ini, teknologi jaringan area lokal telah mulai berkembang, yang dikenal sebagai jaringan area lokal (Jaringan LAN). Demikian juga, ketika internet pertama kali diperkenalkan, sebagian besar jaringan area lokal yang independen mulai terhubung dan membentuk jaringan besar / raksasa secara global disebut jaringan area luas (WAN).


Sumber:

https://pendidikanmu.com/