Persiapan Kolam (Pengeringan Dan Perbaikan)

Persiapan Kolam (Pengeringan Dan Perbaikan)

Pemupukan Kolam Ikan

Pemupukan Kolam Ikan

Pemupukan ulang dengan pupuk kandang dilakukan dua bulan sekali dengan takaran 250g/m2, sedangkan pemupukan ulang urea dan TSP dilakukan setiap minggu dengan takaran masing-masing 2,5g/m2 dan 1,25g/m2 selama masa pemeliharaan.

Dengan target produksi ukuran 500g atau lebih per ekor terutama diperlukan untuk produksi fillet, maka masa pemeliharaan adalah sekitar enam bulan. Pemanenan dilakukan dengan cara disusur dari ujung menggunakan jaring seser. Bila dirasakan populasi ikan dalam tambak sudah tinggal sedikit, baru air tambak dikeringkan. Diusahakan ikan hasil tangkapan harus dalam keadaan segar dan prima. Selain itu, untuk pasar ekspor komoditas nila ini diperlukan penanganan yang lebih hati-hati terutama sekali dari aspek higienis dan penampilan produk.

Ukuran Ikan Konsumsi

Untuk keperluan konsumsi lokal umumnya ikan dengan ukuran rata-rata 200g/m2 sudah dapat dipasarkan dalam keadaan segar. Dalam proses penyimpanan, pengangkutan dan pemasaran dapat menggunakan es sebagai media untuk mempertahankan kesegaran ikan.

Untuk mendapatkan ikan nila berkualitas baik, perlu di persiapkan kolam yang baik pula, sebab dangan kolam yang baik, Ikan merasa sesuai dengan kehidupannya, sehingga akan cepat pertumbuhannya. Beberapa kegiatan yang perlu di lakukan untuk menciptakan kondisi tersebut adalah sebagai berikut :

Persiapan Kolam

Dalam mempersiapkan kolam pembesaran kita perlu melakukan sebagai batikut

Pengeringan Dasar kolam

Pengeringan dasar kolam di lakukan selama 3–7 hari sampai dasar kolam menjadi retak–retak. Pengeringan ini bertujuan untuk :

  • Menghilangkan senyawa beracun, dan membasmi hama penyakit
  • Memperbaiki struktur tanah menjadi gembur sehingga dapat membuat kolam tersebut menjadi subur.

Perbaikan Pematang dan pengelolahan tanah dasar kolam

Perbaikan pematang apabila ada pematang yang rusak atau ada yang bocor, kemudian di lanjutkan dengan kegiatan pengolahan tanah dasar, di lakukan dengan cara membajak atau menyangkul. Kegiatan ini bertujuan untuk

  1. Memperbaiki bagian kolam yang rusak sehingga dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
  2. Menggemburkan dasar kolam sehingga mudah membentuk Lumpur
  3. Membenamkan bahan organic yang ada kolam

Pemupukan dan pengapuran

  • Menyediakan unsur hara bagi plankton yang menjadi makanan bagi ikan.
  • Menyediakan tempat tumbuhnya pakan alami
  • Membunuh hama penyakit dan parasit ikan
  • Menaikan pH tanah yang ada.

Pemupukan di lakukan sesuai dengan ketentuan,. Cara pemberian pupuk kandang biasa ditebar secara merata didasar kolam dengan dosis 250 g/m2 . Sedangkan untuk pupuk TSP dengan disis 10 g/m2 dan UREA dengan dosis 15 g/m2 disebar pada dasar kolam.

 

Sumber : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/cara-menanam-buah-naga/