SMPN 1 Payakumbuh Gelar 7 Lomba

SMPN 1 Payakumbuh Gelar 7 Lomba

SMPN 1 Payakumbuh Gelar 7 Lomba

SMPN 1 Payakumbuh rutin tiap tahunnya melaksanakan lomba MIPA (Matematika dan IPA).

Di tahun 2016 ini, sekolah yang berlokasi strategis itu kembali mengadakan lomba yang sama tingkat SD se kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, selama 2 hari berturut Sabtu-Minggu (9-10/4).

Kepala sekolah SMPN 1 Payakumbuh Drs. Yusmar Khalif. MA dalam sambutannya, mengatakan, lomba MIPA ini selain memotivasi siswa SD yang akan masuk SMP tahun ajaran 2016-2017, sekaligus dalam rangka melaksanakan program tahunan dan menyambut peringatan Hari Pendidikan Nasional.

Lomba MIPA ini sudah dilakukan sebanyak 11 kali. Yang membanggakan kita semua, SMPN 1 Payakumbuh bukan semata nomor satu, akan tetapi terus memperoleh prestasi gemilang dalam lomba Olympiade Science, karena ini merupakan program unggulan SMPN 1 Payakumbuh di tingkat kota/kabupaten, propinsi, nasional dan Olympiade Internasional.

Mata pelajaran Matematika dan IPA ini masih dianggap sulit dan menakutkan bagi sebagaian besar siswa.

Pradigma ini harus kita robah dan tidak ada yang ditakutkan. Terlihat hari ini, betapa banyak siswa SD yang ikut berlomba MIPA. “Artinya, apa yang ditakutkan siswa, ternayata sudah menjadi kegemaran atau hobby mereka, “sebut Yusmar Khalif.

Maksud dan tujuan diadakan lomba MIPA ini untuk memotivasi dan menarik minat siswa kerana dengan adanya lomba maka siswa termotivasi untuk meningkatkan kemampuan matamatika dan IPA.

Lomba ini juga bertujuan untuk mengembangkan potensi di bidang seni, olahraga dan tahfizd. Kemudian untuk mendapatkan siswa berkwalitas yang akan diterima di SMPN 1 Payakumbuh sebagai siswa baru tahun 2016-2017.

“Dengan diangkatnya 7 rangakaian lomba oleh majlis guru SMPN 1 Payakumhuh secara berkala,

tentunya bertjuan untuk meningkatkan sumber daya manusia siswa SD se kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota dibidang Imtek dan Imtaq. Karena pada umumnya anak-anak yang cerdas dapat dilihat dari prestasi akademiknya yaitu kemampuan matematika dan IPA, “ujar mantan Kepsek SMAN 5 Payakumbuh itu.

Kepala dinas Pendidikan kota Payakumbuh, Hasan Basri Sy, dalam sambutannya, sekaligus membuka acara tersebut, mengatakan, SMPN 1 Payakumbuh tidak hanya menjadi sekolah nomor 1 akan tetapi juga terus menoreh prestasi nomor 1 ditingkat Payakumbuh dan sampai ke tingkat internasional.

Dengan adanya berbagai lomba yang diangkat sekolah ini, selain mencari bibit dan bakat, kita harapkan juga harus konsisten dengan apa yang telah dijanjikan kepada siswa SD yang akan masuk ke SMPN 1. Katakan kepada wali murid yang diterima di SMPN 1 ini adalah siswa yang benar-benar berprestasi, cerdas, salah satunyalolos dalam lomba yang diadakan.

Pengalaman tahun-tahun sebelumnya, ketika penerimaan murid baru, wali murid banyak mencari kepala dinas. Sebab, setiap tahun itu mencari kepala sekolah sangat sulit HPnya sudah mati. Kita yakin di SMPN 1 ini tidak terjadi hal demikian, sebab SMPN 1 Payakumbuh menerima murid baru sangat professional.

 

Baca Juga :