Syarat Dalam Kepemimpinan Dan Penjelasannya

Syarat Dalam Kepemimpinan Dan Penjelasannya

Buruan Ambil Keputusan
Jikalau saudara/saudari mempunyai niat dan berminat untuk menjadi seorang pemimpin, yang dimaksud adalah dalam jabatan politik, pemerintahan, swasta dan organisasi kepemudaan atau kemasyarakatan, maka ada prasyarat yang harus saudara/saudari miliki. Secara umum ada banyak syaratnya dan saya coba untuk membaginya kepada saudara/saudari. Langsung saja disimak.
Yang menjadi titi tekan adalah Kemampuan karena  ini merupakan sumber daya kekuatan, kesanggupan dan kecakapan secara teknis maupun sosial, yang melebihi dari anggota biasa. Stodgillyang dikutip James A. Lee menyatakan pemimpin itu harus mempunyai kelebihan sebagai persyaratan, antara lain:
  1. Kepastian, kecerdasan, kewaspadaan, kemampuan berbicara, kemampuan menilai.
  2. Prestasi, gelar kesarjanaan, ilmu pengetahuan dalam bidang tertentu.
  3. Tanggung jawab, berani, tekun, mandiri, kreatif, ulet, percaya diri, agresif.
  4. Partisipasi aktif, memiliki stabilitas tinggi, kooperatif, mampu bergaul.
  5. Status, kedudukan sosial ekonomi cukup tinggi dan tenar.
Selain daripada persyaratan tersebut lebih rinci nya seperti dibawah ini:
Banyak Mendengar, Kita harus rajin dan sering menerima keluhan, kritikan dan masukan dari orang yang akan anda pimpin.

Banyak Melihat

Kita harus rajin dan sering meninjau atau mengunjungi tempat-tempat yang akan menjadi target. Lihatlah langsung apa yang dibutuhkan, apa yang kurang, potensi apa yang bisa dikembangkan dan sebagainya, jangan hanya mendengar laporan orang lain. Bila harus catatlah setiap kejadian, renungkan dan perbuatlah kemudian hari.

Banyak Merasakan

Kita harus rajin dan sering mengumpamakan bahwa posisi kita atau keluarga kita pada posisi mereka. Kuncinya jangan sepele kan hal kecil dan jangan merendahkannya.
Banyak Memikirkan, Kita harus dan sering memikirkan bagaimana cara jalan penyelesaian terbaik atas semua problem yang dihadapi oleh orang yang akan di pimpin.

Banyak Berbuat,

Kita harus dan sering menerjemahkan semua keluhan, kritikan atau bahkan mungkin cemoohan dari orang yang kita pimpin. Berikan perhatian khusus dan buat rancangan program terbaik, jadikan semua itu pemicu serta pemacu semangat kerja. Berbuat semaksimal dan se optimal mungkin. jangan lupa yakin usaha pasti akan sampai.